Tuesday, March 5, 2013



Klasifikasi Jaringan Komputer
      Jaringan komputer dapat diklasifikasi kan menjadi tiga jenis, yaitu:
-LAN (Local Area Network)
-MAN (Metropolitan Area Network)
-WAN (Wide Area Network)
 Ketiga klasifikasi diatas dapat dibedakan berdasarkan lingkup geografis host-host pengisinya, jenis       media transmisi yang digunakan, termasuk didalamnya adalah konfigurasi interkoneksi medianya, serta   aplikasi yang digunakan untuk pertukaran informasinya.
Walaupun demikian, istilah LAN dan WAN lebih sering digunakan, sedangkan istilah MAN tidak banyak digunakan karena pengertian yang dikandung didalam istilah MAN tidak banyak digunakan oleh pengelola autonomous system (AS).
LAN
Local Area Network (LAN), yaitu jaringan komputer yang diimplementasikan dalam lingkup geografis terbatas. Komputer yang saling terhubung tergabung dalam satu network secara fisik maupun logika.
       Media implementasi jaringan yang digunakan pada Local Area Network (LAN) dibatasi hanya satu jenis, sehingga hal ini membatasi lingkup geografis dari LAN, yang radiusnya adalah sepanjang jangkauan maksimal dari media tersebut.
LAN adalah jaringan komputer yang mencakup area geografis lokal, seperti rumah, kantor atau kelompok bangunan. LAN sekarang lebih banyak menggunakan teknologi berdasar standar IEEE 802.3 Ethernet switch, atau IEEE 802.11 Wi-Fi, yang kebanyakan berjalan pada kecepatan 10, 100, atau 1000 Mbps (Gigabit Ethernet).
Perangkat yang digunakan untuk interkoneksi pada LAN, tergolong pada tiga jenis, yaitu Hub, Switch dan Bridge, walaupun secara kinerja Hub dan Swicth dapat dikaegorikan pada bridge.

        Sedangkan untuk teknologi (metoda akses) LAN dapat menggunakan salah satu dari 3 macam metode akses yang ada, yaitu Ethernet, Token Ring dan FDDI, yang disesuaikan dengan media fisik yang mengkoneksikannya.
Secara khusus metoda akses mengatur bagaimana cara penyampaian paket data dari satu host menuju host lain yang menjadi tujuan paket data.

  1. .Ethernet, teknologi ini terbagi ata CSMA/CD dan CSMA/CA. Metoda akses ini diimplementasikan pada jenis topologi bus atau star.
  2. .Token Ring (Token Passing)


Metoda akses ini digunakan pada topologi Ring, dimana paket data akan dikirimkan dari host pengirim menuju host penerima melalui perjalanan token (istilah untuk pembawa data). Apabila antara antara host pengirim dengan host penerima terdapat host lain, maka token (termasuk didalamnya paket data yang dibawa) akan singgah dulu di host tersebut, setelah tiba di host penerima, barulah paket data disampaikan.
     3.   FDDI (Fiber Distribute Data Interface)

Metoda akses ini diimplementasikan pada topologi FDDI yang menggunakan media Fiber Optic. Secara   diagram topologi ini mirip dengan topologi ring, namun pada FDDI terdapat dua ring, sebab fiber optic yang digunakan sebagai media mempunyai jalur ganda (multi mode fiber, pelajari bahasan Fiber Optic), dimana satu ring Fiber Optic berperan sebagai jalur utama, sedangkan jalur lainnya berperan sebagai back up (cadangan) apabila dalam proses penyampaian paket datanya terdapat gangguan pada jalur utama, yang mungkin disebabkan oleh masalah yang terjadi pada jalur utama.







0 comments:

Post a Comment