Tuesday, April 2, 2013


·         TIPE JARINGAN
Type jaringan terkait erat dengan sistem oprasi jaringan. Ada dua type jaringan , yaitu client – server dan peer to peer.
a.      Jaringan client – server
Server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer – komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer – komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server. Server di jaringan type client – server di seebut dengan Dedicated Server karna murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat  berperan sebagai workstation.
Keunggulan
§  Kecepaten akses lebih tinggi karena menyebabkan fasilitas jaringan dan pengelolaannya di lakukan secara khusus oleh satu computer ( server )yang tidak di bebani dengan tugas lain seprti sebagai workstation.
§  System keamanan dan administrai jaringan lebih baik, karena terdapat sebuah computer yang bertugas sebagai administrator jatingan , yang mengelola administrasi dan system keamanan jaringan
§  System backup data yang lebih baik, karena pada jaringan client – server backup di lakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.
Kelemahan
§  Biaya oprasional relative lebih mahal.
§  Di perlukan adanya suatu computer khusus yang barkemampuan lebih untuk di tugaskan di dalam server
§  Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu.
b.      Jaringan peer to peer
Bila di tinjau dari peran server di kedua type jaringan tersebut, maka server di jaringan tipe peer to peer di isrilahkan non – dedicated server, karena servertidak berperan sebagai server murni melainkan sekaligus dapat brperan sebagai workstation.

Keunggulan
§  Antar computer dalam jaringan dapat saling berbagi – pakai fasilitas yang dimilikinya seperti : harddisk, driver, fax/modem, printer.
§  Biaya oprasional relatif murah lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client – serve, salah satunya tidak memerlukan adanya server yang memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas jaringan.
§  Kelangsungan kerjanya tidak tergantung pada satu server. Sehingga bila salah satu computer/peer mati atau rusak, jaringan akan keseluruhan tidak akan mengalami gangguan.
Kelemahan
§  Troubleshooting jaringan relative lebih sulit karena pada jaringan tipe peer to peer setiap computer di mungkinkan untung terliahat dalam komunikasi yang ada . di jaringan client – server, komunikasi adalah antar server dangan workstation.
§  Ujuk kerja lebih rendah di bandingkan dengan jaringan client server, karena setiap computer /peer disamping harus mengelola pemakai fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri.
§  System keamanan jaringan ditentukan oleh masing – masing fasilitas yang di milikinya .
§  Karena data jaringan tersebar dimasing – masing computer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing – masing computer tersebut.
ü  Terimakasi semoga bermanfaat






0 comments:

Post a Comment