Tuesday, February 19, 2013


TIPS MERAWAT KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN KINERJANYA





Kali ini saya akan berbagi tips dan trik kepada anda mengenai cara merawat komputer secara berkala. Komputer tidak boleh hanya dipakai dan digunakan oleh kita begitu saja, komputer pun harus dilakukan perawatan pada komponen-komponennya untuk menjaga komputer agar dapat tetap bisa bekerja dan bisa terus digunakan oleh kita.
Pernahkah anda merasakan kinerja komputer anda menurun atau bahkan menjadi lambat yang membuat anda tidak nyaman dalam menggunakannya. Coba anda pikirkan pernahkah atau berapa kali anda melakukan perawatan pada komputer anda, dan bisa jadi itulah sebabnya komputer anda menjadi lambat karena komputer anda sudah lama tidak melakukan service atau perawatan pada komponen-komponennya.

Atau mungkin bagian dalam komputer anda seperti gambar di bawah ini.

Kalo seperti itu bisa dibilang parah sekali, mungkin komputernya tidak dirawat dan bersihkan selama bertahun-tahun.

Untuk itu lakukanlah perawatan teratur pada setiap komponen-komponen di dalam komputernya. Perawatan dapat dilakukan dengan membersihkan bagian-bagian komputernya. Karena komponen yang kotor dan tertutup debu sepeti pada contoh gambar di atas bisa mempengaruhi kestabilan kinerja tiap-tiap komponenya atau bahkan mejadi rusak dan tidak bisa dijalankan lagi. Contohnya seperti Fan (kipas) menjadi lambat atau tidak berputar, CD Driver sering macet/error atau sebagainya.

Masalah juga sering dirasakan pada sistem operasi komputernya. Seperti ketika kita menjalankan komputer sering terjadi peringatan error yang ditampilkan layar monitor, baik yang ditampilkannya berupa pemberitahuan masalah pada hardwarenya maupun pada sitem komputernya.

Oleh karena itu saya akan berbagi tips untuk merawat komputer anda dengan melakukan pembersihan pada komponen-komponenya seperti casing, motherboard, CDDrive, Harddisk, keyboard, monitor dan Fan (kipas). Bacalah instruksi dan petunjuk berikut di bawah ini untuk melakukannya.

Untuk menjaga keamanan dan keselamatan anda sekaligus memudahkan anda dalam melakukan perawatan dan pembersihan pada komputer, persiapkanlah terlebih dahulu perlengkapan pendukung  seperti sarung tangan karet, gelang anti statis dan alat bantu lainnya.

Adapun peralatan pembantu lainnya adalah :

1. Kuas
Kuas digunakan untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel pada periferal (komponen) komputer. Komponen yang sering terkena debu adalah keyboard karena debu dan kotoran suka terselip di selah-selah tombol keyboard.


2. Penyedot debu mini
Penyedot debu mini ini hampir sama dengan kuas yang digunakan untuk menghilangkan debu. Namun penyedot debu ini lebih mudah dan lebih bersih dalam menghilangkan debu dan kotoran. pada ujung penyedot mini ini dilengkapi sikat dengan ukuran yang beragam yang dimaksudkan untuk disesuaikan dengan luas sempit celah-celah pada komponen.


3. Kain kering atau tisu
Kain kering atau tisu digunakan untuk membersihkan kotoran cair yang mungkin akibat percikan minuman atau tinta yang terdapat pada komponen komputer. Jenis kotoran cair ini sangat berbahaya jika tidak segera dibersihkan karena dapat memicu arus listrik sehingga menyebabkan konsleting atau kerusakan pada komponen komputernya.


4. Cairan pembersih
Cairan pembersih digunakan untuk membersihkan noda atau kotoran yang sudah kering dan melekat seperti pada layar monitor atau tinta pada body printer.


5. CD Cleaner
CD Cleaner berfungsi untuk memebersihkan Head CD Drive atau lensa dengan cara menggosk bagian yang berdebu atau kotor dengan cariran pembersih yang memanfaatkan putaran.


6. Obeng
Obeng merupakan peralatan penting yang perlu dipakai untuk melakukan perawatan pada komputer. Karena dengan alat ini kita mampu dengan mudah membuka dan melepas komponen dalam komputer.


7. Tang
Biasanya jenis tang yang diperlukan untuk keperluan perawatan komputer adalah tang cucut dan tang kombinasiTang cucut biasanya digunakan untuk memegang kepala skrup atau jumper kecil. Sedangkan tang kombinasi digunakan untuk memotong kabel dan keperluanlainnya.


Dan adapun komponen-komponen yang harus sering dikontrol dan dilakukan perawatan adalah :

1. Keyboard
Debu dan kotoran dapat masuk dan megendap pada sela-sela tombol keyboard. Lama kelamaan debu akan semakin banyak dan mengeras sehingga dapat mengganggu kenyamanan anda dalam menekan tombol dan bahkan tombol keybard akan macet dan keras jika ditekan. Kotoran jenis cair juga sangat sering terjadi pada keyboard. Minuman yang tumpah merupakan penyebab yang sering terjadi yang menyebabkan keyboard macet dan bermasalah. Contohnya seperti tombol tepencet terus menerus atau tombol tidak befungsi. Selain itu cairan ini juga dapat menyebabkan hubungan arus pendek dan dapat mengakibatkan keyboard rusak dan tidak dapat dipakai lagi, Lebih parah lagi juga dapat menyebabkan port PS/2 pada motherboard rusak.


2. Monitor
Debu dan kotoran pada monitor dapat membuat layar buram dan jika debu yang menempel pada layar moinitor di bersihkan dengan cara yang salah dapat menggores kaca monitornya. Tidak hanya di layar, debu juga dapat menutupi fentilasi udara pada casing monitor yang akan menimbulkan panas yang berlebihan pada monitor. Selain itu, kotoran cair yang masuk ke dalam monitor juga dapat menyebabkan kerusakan.


3. Fan
Debu pada fan sangat sering dijumpai jika komponen komputer terletak di tempat atau ruang terbuka dan banyak debu. Debu ini dapat menghambat putaran fan karena menempel pada poros dari fan tersebut. Jika debu ini juga menemempel pada fan processor dapat menghambat fan tersebut berputar sehingga processor menjadi cepat panas.


4. Mouse
Mouse merupakan komponen yang paling rawan terhadap debu, terutama mouse yang masih menggunakan bola. Mouse bersentuhan langsung dengan alas (mousepad) di mana alas tersebut merupakan suber debu. Jika telah benyak debu yang menempel pada mousemaka gerakan bola tidak akan normal, dapat dilihat dari gerak kursor yang meloncat-loncat ataupun terasa sangat lambat.


5. Motherboard
Menurut saya, bagian paling utama dilakukan pembersihan dan perawatan untuk meningkatkan kinerjanya adalah motherboard. Karena debu yang menempel pada motherboard dapat menghambat arus listrik yang mengalir pada IC di motherboard. Debu dapat menyimpan muatan listrik yang dapat mengurangi jumlah pasokan listrik di berikan power supply, sehingga menghambat kinerja resistor dan kapasitor untuk mengatur besar kecilnya arus pada motherboard.


Demikian tips dan trik dari saya tentang cara merawat komputer dengan membersihkan tiap bagian bagian komponennya. Dan ternyata pembersihan ini tidak hanya untuk merawat komponen komputer tetapi juga dapat mempengaruhi meningkatkan kinerja komputer sehingga menjadi lebih cepat dan stabil. Oleh karena itu, bersihkanlah komputer anda secara rutin agar komputer anda bisa terus bekerja dengan baik dan dapat dipakai dengan nyaman.

0 comments:

Post a Comment