Sunday, February 17, 2013

CARA MENGECEK DAN MENGHAPUS FIRUS MELALUI CMD
Selama ini saya tidak menginstal antivirus apapun di komputer saya. Karena saya rasakan dengan kita menginstal banyak antivirus justru memperlambat kerja komputer kita. Berapa banyak memori komputer yang digunakan untuk meload antivirus tersebut. Berikut ini saya akan share pengalaman saya menangani virus, salah satu caranya adalah dengan mengecek virus dan menghapusnya secara manual. Inilah langkah-langkahnya:
  1. Ketik CMD(Command Prompt) di kotak run 
  2. Ketik ‘cd\’ (tanpa kutip) untuk ganti direktori tekan enter
  3. Ketik ‘C:’ (tanpa kutip) dimana sistem windows kita berada kemudian tekan enter
  4. Ketik ‘attrib’ (tanpa kutip) tekan enter
  5. Silahkan kenali file-file sistem. Jika ada file yang mencurigakan dan tidak ada sebelumnya berarti itu kemungkinan virus. Lihat tanggal munculnya file tersebut. Jika kita tidak pernah menginstalnya tetapi ada disitu itu patut dicurigai virus.
  6. Hapus Virus dengan mengetikkan DEL pada lokasi/path virus  misalkan DEL C:\brontok.exe kemudian tekan enter.




 Demikian sedikit tips dan trick manual membersihkan virus dari sistem komputer kita. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment